Simak Berbagai Informasi

Cara Mendeteksi, Mencegah dan Memusnahkan Rayap

Rayap berkerumun terutama selama musim panas yang merupakan tanda pasti bahwa koloni rayap sudah dekat. Para penggembala ini dikirim untuk membangun koloni baru mereka sendiri. Musim panas ini melihat banyak hal seperti itu.

Mendeteksi Rayap

Nah pertama-tama penting untuk bisa mengenali tanda-tanda rayap. Mendeteksi mereka adalah langkah pertama dalam melindungi rumah Anda karena jelas lebih awal Anda menangkap mereka semakin baik. Pemilik rumah harus mencari tabung lumpur yang mengarah ke dan melewati tepi pelat beton, tunggul dan pondasi. Juga perhatikan lumpur kering di sambungan pintu, architrave dan cetakan karena rayap suka membangun terowongan lumpur mereka di tempat yang tidak terlihat jelas. Cat yang melepuh pada pintu dan papan pinggir dapat menunjukkan bahwa rayap telah memakan kayu di bawahnya dan hanya menyisakan lapisan tipis cat yang mengakibatkan cat melepuh. Periksa area lembab dan perhatikan noda lembab di dinding. Semua jenis papan lantai atau dinding yang menonjol dan serpihan kayu bisa mengarah ke rayap.

Jadi, apa yang dapat dilakukan pemilik rumah  untuk tetap waspada dan melindungi rumah mereka dari penyerang rayap yang diam dan licik ini?

Mencegah Rayap

Untuk mencegah masuknya rayap, Anda harus memastikan bahwa rumah dan pekarangan Anda bebas dari apa pun yang dapat menarik rayap dan juga menjaga kebersihan dan kerapiannya sehingga jika memang muncul, Anda dapat dengan mudah melihatnya. Selain menggunakan  jasa anti rayap, Daftar berikut ini hanyalah beberapa hal yang perlu diingat untuk melakukan peran Anda dalam mencegah rayap.

 

    • Jaga kebersihan rumah Anda dari sampah, puing-puing, dan kayu yang berserakan. Jangan menyimpan kayu bakar atau kayu, ranting mati dan bahan bangunan tergeletak langsung di tanah sekitar halaman Anda. Simpan kayu bakar atau kayu dengan mengangkatnya dari tanah di atas penyangga logam atau di atas pelat beton. Dengan cara ini, jika rayap benar-benar membuat terowongan untuk mendapatkan kayu simpanan Anda, setidaknya Anda dapat melihatnya dan menghentikan jejak mereka sebelum masuk ke rumah Anda.

 

    • Jaga agar taman tetap rapi dengan membuang tanaman yang tumbuh terlalu banyak dari sekitar rumah Anda. Vegetasi yang lebat menciptakan area dengan kelembapan intens yang menarik rayap

 

    • Setiap bangunan yang dilakukan di sekitar rumah Anda seperti dinding penahan, geladak, pergola, tempat tidur taman, pagar, sebenarnya setiap struktur kayu harus dibangun dengan menggunakan kayu yang dirawat. Untuk pergola dan geladak gunakan penyangga logam untuk tiang. Penopang logam ini kemudian dibaut ke beton, tiang kayu dipasang ke penyangga yang menahan kayu dari tanah.

 

    • Semua ventilasi ke area sub lantai harus tetap tidak diblokir untuk mendorong aliran udara dan menjaga agar sub lantai tetap kering.

 

    • Jika rumah Anda dibangun di atas pelat beton, pastikan tepi pelat selalu terlihat begitu juga dengan lubang tangis. Jadi, sementara tempat tidur taman mungkin terlihat bagus, itu ide yang buruk untuk membangunnya di dinding rumah. Hal ini membuat tidak mungkin untuk melihat tepi lempengan dan jika itu menutupi lubang tangisan maka itu adalah titik masuk langsung bagi rayap.

 

    • Mulsa taman bagus untuk taman, tetapi juga bagus untuk rayap. Ini memberi mereka sumber makanan dan karena biasanya tidak jauh dari rumah Anda rayap akan berpindah dari mulsa ke rumah dengan cukup cepat. Tersedia mulsa yang tidak terbuat dari serpihan kayu atau kulit kayu.

 

    • Anda mungkin pernah melihat perisai rayap logam yang ditemukan di sekitar fondasi rumah. Mereka dirancang untuk memaksa rayap keluar ke tempat terbuka tetapi mereka perlu diawasi dan tidak boleh rusak.

 

    • Rayap membutuhkan air dan kelembapan menarik mereka. Keran, pipa, atau air bocor yang menggenang di sekitar rumah Anda semuanya mengundang rayap. Perbaiki masalah kebocoran dan drainase untuk mencegah masalah ini.

 

    • Waspadai retakan atau lubang di sekitar fondasi rumah Anda dan tutup. Rayap hanya membutuhkan pintu masuk setebal selembar kertas.

 

  • Terakhir, hal pencegahan terbaik yang dapat dilakukan semua pemilik rumah adalah memeriksa rumah Anda dari keberadaan rayap setiap tahun. Lebih baik memiliki ketenangan pikiran dengan cek tahunan. Jauh lebih murah untuk melakukan inspeksi rutin daripada menemukan infestasi yang merusak dan tidak hanya harus menjalani perawatan lengkap tetapi juga harus membangun kembali dan memperbaiki kerusakan. Tidak jarang rayap benar-benar menghancurkan rumah sampai-sampai harus dibangun kembali secara total.

 

Memusnahkan Rayap

Jika Anda kurang beruntung karena telah menemukan rayap, Anda harus merawatnya. Ada beberapa metode berbeda untuk mencapai hal ini tetapi sejauh ini yang terbaik adalah menggunakan penghalang kimiawi non repelan. Penghalang non-repelan memiliki keuntungan karena memungkinkan rayap bergerak maju mundur melalui penghalang karena mereka tidak dapat mendeteksinya di sana dan mengambil dosis mematikan yang akan membunuh mereka atau dibawa kembali dan diedarkan di sekitar koloni.

Satu hal tentang rayap adalah mereka tahan. Itulah mengapa mencoba memperlakukannya sendiri tidak akan berhasil dalam jangka panjang. Jika Anda berhasil menghapusnya dari satu tempat, mereka akan muncul di tempat lain. Sebagai koloni mereka telah menginvestasikan terlalu banyak waktu, terkadang bertahun-tahun dalam membangun diri mereka sendiri dan menemukan sumber makanan yang sangat besar (rumah Anda) untuk sekedar mundur. Mereka akan mencari cara lain untuk masuk ke rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *